Menu Makan Siang Siswa Siswi Berbagai Negara

Posted: 22 Desember 2013 in Kesehatan

00Di beberapa negara menu makan siang biasanya disediakan oleh masing-masing sekolah. Menjadi sesuatu hal yang unik karena makanan sekolah haruslah higienis, bergizi, sekaligus membangkitkan selera makan para siswa. Berikut ini beragam menu makan siang siswa dari berbagai negara:





1. Italia

01
Menu mengandung karbohidrat, biasanya terdapat menu pasta dan risotto, terdapat juga daging dan ikan plus sayuran lokal.

2. Jepang

02

Menu utama adalah nasi, ikan, sayuran ditambah tahu dan nori (rumput laut). Hidangan penutupnya adalah buah segar dan susu kedelai. Kadangkala menu khas barat juga dihidangkan.

3. Finlandia

03

Negara ini memiliki standar sendiri soal hidangan dengan protein dan sayuran. Paling umum adalah Hernekeitto, sup kacang hijau dengan daging asap. Susu menjadi pelengkap makan siang.

4. Korea Selatan

04

Hidangan makan siang terdiri dari nasi, sayur, daging, terkadang disajikan menu berkuah plus kimchi khas Korsel.

5. India

05
Kebanyakan siswa India membawa makan siang sendiri ke sekolah, menu umum adalah roti, nasi, kari lentil dan sayuran. Beberapa kantin menyajikan jajanan seperti Batatavada (sejenis kentang goreng) dan medhu vada (sejenis donat).

6. Brazil

06
Komposisi utama makan siang siswa Brazil kebanyakan biji-bijian, nasi dan dicampur dengan pisang

7. Kenya

07
Negara ini menyukai lentil dan kacang-kacangan, salah satunya Githeri. Githeri dibuat dari campuran rebusan kacang dan jagung ditambah kentang sayur dan daging ke dalam piring besar.

8. Prancis

08
Menu di Prancis sebagian besar mengandung karbohidrat seperti kentang. Tidak lupa buah segar dan susu.

9. Amerika

09

Menu kentang tumbuk merupakan menu yang umum ditambah susu dan buah.

10. Slovakia

10
Menu utama roti, (kadang-kadang) mackerel asap, sayuran, dan buah-buahan.

11. Swedia.

11
Menu terdiri dari sayur, kentang, cracker, dan buah buahan.

Di Indonesia kebanyakan makan siang tidak disediakan oleh sekolah sehingga siswa lebih banyak makan siang di luar yang tentu saja ke-higienis-an dan nilai gizi patut dipertanyakan. Semoga ke depannya pemerintah lebih peduli dengan kebutuhan gizi siswa-siswi Indonesia

Sumber : http://www.thedailymeal.com

 

Iklan

Komentar ditutup.